Pages

Monday 25 April 2011

JavaScript

Perkembangan JavaScript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Bahasa yang sekarang dikenal dengan nama JavaScript ini sebelumnya bernama LiveScript dan berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 (browser yang sangat popular saat itu). Awalnya bahasa ini memang sedikit banyak mendapatkan kritikan dengan alas an kurang aman, pengembangannya tergesa-gesa, serta tidak ada pesan error jika terdapat kesalahan saat penyusunan program.





Kemudian melalui kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman Java), Netscape memberikan nama JavaScript pada bahasa tersebut pada tanggal 4 Desember 1995. Pada waktu hampir bersamaan pihak Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut dengan nama Jscript di browser milik mereka sendiri Internet Explorer 3. Kini penggunaan dari Jscript sendiri masih terus dikembangkan pihak Microsoft dengan didukung oleh kebanyakan browser yang tersedia saat ini.

Java Script merupakan bahasa yang berbentuk kumpulan script yang berfungsi untuk memberikan tampilan yang tampak lebih interaktif pada dokumen web. Dengan kata lain, bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan ke dalam bahasa pemrograman web HTML, dengan mengizinkan pengeksekusian perintah-perintah pada sisi client, dan bukan sisi server. Pada hakikatnya bahasa pemrograman JavaScript berisi script yang pemasangannya terselip di sebuah dokumen HTML. Sehingga tidak membutuhkan kompilator atau penerjemah khusus untuk mengeksekusinya.

BENTUK TERAPAN JAVASCRIPT
Untuk mulai menerapkan program JavaScript dalam web nantinya, ada beberapa hal yang per;u diketahui oleh perancang web yaitu:
• Seorang perancang harus mengetahui cara menggunakan HTML dan mengedit dokumen HTML
• Seorang perancang harus menggunakan browser yang sudah mendukung pemrograman Javascript.
Dengan JavaScript sebuah halaman web akan menjasi lebih dinamis dan interaktif terhadap user karena halaman web mampu berfungsi sebagai sebuah program aplikasi yang dapat memproses masukan yang diberikan olwh user dan memberikan hasil sesuai dengan yang telah diprogramkan. Halaman web yang merupakan jawaban dari suatu permintaan user tidaklah harus di download terlebih dahulu oleh web server, melainkan dihasilka sendiri oleh JavaScript yang berada pada browser.

Oleh karenanya beban web server akan menjadi lebih ringan dan halaman web akan mejadi jauh lebih cepat merespons bahkan pada hubungan internet yang paling rendah sekalipun.

Pada prakteknya penggunaan JavaScript dalam pembuatan web yaitu dengan memasukkan program ke dalam HTML. Adapaun contoh dari script atau kode program yang menunjuk bahwa kode tersebut meriupakan script dari JavaScript adalah sebagai berikut:

<script type=”text/JavaScript”>
**kode script ditulis disini **
</script>

Kelebihan dari penggunaan JavaScript adalah:
• Lebih praktis dan mudah sebab bahasa oemrogaman JavaScript memiliki sedikit sintaks
• Koneksi cepat sebab peletakan program terdapat pada sisi client, berukuran sangat kecil, dan dapat langsung dijalankan di browser
Kekurangan dari Penggunaan JavaScript adalah:
• Pengelolaan objek dalam JavaScript sangat terbatas
• Penggunaan Script ddapat di copy langsung melalui web browser, sehingga setiap otang dapat menggunakan program JavaScript yang telah kita buat.

No comments:

Post a Comment