Pages

Wednesday 1 December 2010

Universal Resource Locater

Ketika kita hendak mengirimkan atau melink tugas postingan kita ke warta warga ada sebuah field yang mengharuskan kita untuk memasukkan URL sehingga tulisan kita di blog bisa terkirim ke portfolio studentsite kita. Apakah kalian mengerti apa itu URL?Berikut ini saya coba jelaskan apa itu URL, dan jenis-jenis dari URL tersebut.
URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama filenya, tetapi juga nama mesinnya dalam jaringan. URL dapat diakses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apapun yang berkaitan dengan data hasil proses.

Macam-macam URL sesuai konteksnya:
• URL File : Misal ada sebuah dokumen dengan nama “contoh.txt”, file ini ada pada server ftp yang dinamai “ftp.piksi.gundar.ac.id” yang dapat diakses oleh pemakai anonymous, terletak di dalam direktori “pub/files”, maka URL file ini adalah:
file:// ftp.piksi.gundar.ac.id/pub/files/contoh.txt. Direktori paling atas dari file ini adalah file://ftp.piksi.gunadar.ac.id.
• URL Gopher: Jenis url ini sedikit lebih rumit daripada URL file, karena server gopher sedikit lebih tricky untuk diakses dari ada server ftp. Untuk mengunjungi suatu server gopher (missal server gopher pada gopher.piksi.gundar.ac.id) kunjungi url ini gopher://gopher.yoyodyne.com. Beberapa server gopher dapat berada pada jaringan yang tidak umum pada mesin host (nomor port gopher default adalah 70). Jika sebuah server gopher menggunakan port 1234, dan bukan 70, maka url di atas akan menjadi gopher://gopher.piksi.gundar.ac.id:1234/
• URL News: untuk menunjuk pada suatu newsgroup Usenet ( misalnya “soc.culture.indonesia”), URL secara mudah ditulis news:soc.culture.indonesia. Tidak semua aplikasi lain mengijinkan url server news secara normal, misalnya saja penulisan url di atas akan menjadi news: //news.piksi.gundar.ac.id/soc.culture.indonesia.
• URL HTTP: HTTP adalah kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, server HTTP umumnya digunakan untuk melayani dokumen hypertext, karena HTTP adalah protocol dengan overhead yang sangat rendah, sehingga pada kenyataan navigasi informasi dapat ditambahkan langsung ke dalam dokumen, sehingga dengan demikian protokolnya sendiri tidak harus mendukung navigasi secara penuh seperti halnya protocol FTP dan Gopher lakukan. Sebuah file dengan nama “contoh.html” pada server www.piksi.gundar.ac.id dalam direktori “pub/files” maka urlnya http://www.piksi.gundar.ac.id/pub/file/contoh.html.

Semoga bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment