Pages

Thursday 23 December 2010

INSTALASI WINDOWS DARI USB FLASH DISK

Mungkin Anda pernah mengalami masalah instalasi windows di suatu nettop dengan produk dan seri tertentu. Bagaimana menginstall windows ke netbook yang tidak memiliki CDROM dan DVDROM??
Anda tidak perlu bingung atau buru-buru membeli CDROM atau DVDROM eksternal, karena ada suatu cara yang mudah dan praktis untuk instalasi windows yaitu dengan menggunakan flash disk yang harganya lebih terjangkau, Bagaimana caranya??

Untuk melakukannya, Anda tidak hanya bisa menaruh file dari CD Installer Windows ke flah disk. Anda harus membuat flash disk tersebut dikenali sebagai bootdisk terlebih dahulu. Satu hal yang juga sangat penting adalah BIOS di netbook/netbook/PC yang akan Anda install harus mendukung booting melalui flash disk. Sebenarnya hampir semua produk baru dari notebook atau netbook atau pc sudah mendukung hal tersebut namun tidak ada salahnya anda cek bios pc anda terlebih dahulu. Jika memang bisa berikut ini adalah daftar kelengkapan yang anda butuhkan untuk melakukan instalasi windows daru usb flashdisk.
1) Sebuah pc dengan cd rom untuk melakukan proses persiapan dan transfer data
2) CD installer windows XP atau Vista
3) Aplikasi pendukung berupa:
a. USB_PREP 8
b. PeToUSB
c. BootSect.exe
4) Flashdisk dengan kapasitas minimal 2 Gb.
Adapun langkah-langkah memasukkan installer windows ke dalam flash disk adalah sbb:
1). Copy file PeToUSB.exe ke dalam folder USB_Prep8
2) Jalankan file USB_Prep8.cmd dengan car klik 2 kali. File tersebut berada dalam folder USB_PREP8.
Catatan: Jika anda menggunakan windows XP2, anda perlu unblock file tersebut agar dapat berjalan. Caranya klik kanan propreties lalu pilih unblock.
3) Tekan Enter
4) Biarkan semua pengaturan atau setting dalam kondisi default (kecuali jika ingin mengganti label drive). Tekan tombol start. Pastikan tidak ada file penting dalam flashdisk anda karena langkah ini akan memformat flashdisk anda.
5) Jangan tutup jendela PeToUSB
6) Buka command Prompt (caranya kllik Start>Run>cmd). Pada panel command prompt, masuk ke folder di mana file bootsect.exe tersimpan. Caranya, ketik “cd namafolder”. Sebagai contoh, karena file bootsect.exe berada di dalam folder bootsect yang berada di desktop, anda ketik “cd desktop” lalu “cd bootsect” (keduanya tanpa tanda petik).
7) Jika bootsect.exe sudah ketemu, ketik “bootsect.exe/bt52X:”(tanpa tanda petik).
Catatan: X: menunjukkan drive untuk flash disk anda, jadi cari tahu terlebih dahulu nama drivenya. Sebagai contoh nama drive anda adalah L sehingga perintahnya menjadi “bootsect.exe/nt52L:”
8) Jika langkah 7 dilakukan dengan benar akan muncul “Bootcode was successfully updated on all target PeToUSB. Catatan: Jangan menutup jendela USB_Prep8. Jendela USB_Prep8 harus tetap terbuka.
9) Ketika anda menutup jendela PeToUSB, di jendela USB_Prep8 secara otomatis akan muncul pilihan menu. Jika tidak, anda coba tekan tombol enter.
10) Pada tahap ini anda sebenarnya hanya melakukan setting untuk Prep8, hanya caranya adalah memilih berdasarkan nomor menu. Yang harus anda ganti adalah:
a) Menu 1: Memilih drive tampat Windows XP (atau CD-ROM anda).
Caranya klik 1, nanti akan keluar Explorer untuk memiluh drive. Pilih nama drive (misalnya nama drive adalah C)
b) Menu 2: Memilih Virtual TempDrive, atau drive virtual di harddisk PC anda sebagai tempat menyimpan data sementara (sebelum dipindahkan ke flash disk). Pilih drive yang tidak ada di PC anda misalnua drive T.
c) Menu 3: untuk memilih drive flash disk anda. Tekan 3 dan pilih drive flash disk yang ingin anda masukkan Windows.
d) Menu 4: menu ini untuk menjalankan proses selanjutnya. Jika sudah menjalankan menu 1 sampai 3, anda langsung jalankan menu 4 ini.
11) Selanjutnya akan muncul jendela pop up yang akan langsung menghapus drive sementara (yang anda lakukan di menu 2). Tekan tombol yes.
12) Setelah itu, proses transfer file installer windows berjalan. Ada 2 proses terjadi di sini. Pertama proses transfer file dari CD-ROM ke harddisk, dan kedua dari harddisk ke flash disk. Lamanya proses bergantung pada kecepatan CD-ROM maupun flash disknya.
13) Setelah itu Anda tinggal memasukkan flash disk tersebut ke PC yang akan anda install, kemudian atur prioritas booting ke flashdisk. Ketika dinyalakan ada 2 pilihan yang tersedia. Pilih pilihan nomor 1 (TXT Mode Setup Windows XP)
Setelah itu proses instalasi berjalan seperti biasa, termasuk melakukan proses booting ulang. Tidak ada yang perlu anda lakukan di sini, cukup tunggu sampai proses instalasi selesai. Yang perlu anda perhatikan adalah flash disk tidak boleh dicabut sampai proses selesai (sudah masuk windows). Nah, sekarang proses instalasi Windows sudah bisa dilakukan meski anda tidak memiliki CD-ROM. Mudah bukan?

No comments:

Post a Comment