Pages

Sunday 10 October 2010

World Wide Web(2): Perkembangan Website

Saat ini website merupakan aplikasi layanan internet yang paling banyak dipakai. Bahkan saking populernya website, banyak kalangan newbie yang menyamakan website dengan internet. Hal ini dibuktikan dengan dipakainya hampir 80 % layanan internet oleh penggunaan website. Pertumbuhan yang semakin cepat ini tentunya tidak bisa kita lepaskan dari gencarnya pertumbuhan dan perkembangan internet, teknologi komunikasi data, dan menurut saya yang terpenting, yang membuat orang semakin melek media dengan menjamurnya website ini adalah biaya internet yag semakin terjangkau dengan kecepatan yang bisa memenuhi keinginan hampir semua penikmat dunia maya.
Hingga saat ini, jumlah halaman web(web pages) yang dapat diakses melalui layanan internet berjumlah miliaran. Selain karena biayanya yang tidak lebih mahal ketimbang media lain untuk menyebarluaskan informasi, faktor coverage yang begitu luas (dunia), dan sifatnya yang sangat cepat (real time), membuat banyak orang membidik website sebagai strategi mereka untuk menyebarluaskan informasi ataupun sebagai salah satu strategi pemasaran. Atau dengan kata lain website menggunakan layanan teknologi yang tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Oleh karenanya saya ingin sedikit membahas mengenai perkembangan Website.

a. Web 1.0
Sifat dari web pada versi ini masihlah sangat terbatas. Web pada versi ini kebanyak hanya digunakan sekedar untuk mencari atau browsing informasi. Bisa dikatakan tidak ada proses yang interaktif pada web versi 1.0. Keterbatasan lain dari web 1.0, adalah user dipaksa untuk dating ke dalam website hanya untuk melihat kontennya satu persatu. Beberapa ciri khas dari web 1.0 adalah:
• Halamannya statis, dan masih menggunakan framesets
• Untuk tampilah gambar menggunakan format GIF dengan ukuran 88x31 pixel
• Satu-satunya interaksi adalah buku tau online
• Dial upnya cenderung lambat
• Contoh: Geocities
b. Web 2.0
Web jenis ini merupakan jawaban atas segala kekurangan yang ada pada web 1.0. Web 2.0 menekankan pada bagaimana menampilkan halaman web yang bersifat seperti pada program desktop pada umumnya. Selain itu teknologi jenis web ini juga menekankan pada fungsi desktop seperti drag and drop, auto complete, dll. Selain itu teknologi yang digunakan dalam sutau web browser tidak membutuhkan teknologi perangkat yang mahal dari sisi user. Ciri dari web jenis ini adalah:
• Web digunakan sebagai platform
• Lebih Data oriented
• Bukan hanya bersifat read, tapi juga bisa write
• Lebih dinamis
• Efek jaringan diciptakan melalui arsitektur
• Teknologi yang digunakan menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX.
c. Web 3.0
Pengembangan pada jenis yang terakhir ini (sepengetahuan saya), dapat diandaikan sebagai sebuah aplikasi yang memiliki artificial intelligence sendiri. Kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service. Jadi web sudah seolah-olah menjadi assisten pribadi. Selain itu teknologi 3D juga sudah digunakan untuk membut animasi, contohnya program avatar. Teknologi lain yang menurut saya sangatlah hebat, kita bisa melakukan aktivitas di dunia maya selayaknya kita melakukan di dunia nyata. Teknologi web 3.0 yang lain, a.l:
• SOAP (Simple Object Access Protocol), adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau untuk sebuah program yang berjalan pada suatu system operasi.
• REST (Representational State Transfer) atau dapat pula dikatakan transfer keadaan representasi, adalah suatu gaya arsitektur perangkat lunak untuk suatu pendistribusian system Hypermedia seperti WWW.
• WSDL, merupakan format XML yang diterbitkan untuk menerangkan webservice.
• WDDX (Web Distributed Data eXchange) merupakan mekanisme pertukaran data dari lingkungan yang berbeda.

3 comments:

  1. wah...background blog Caesar IT ganti yah...uda ga pake angka biner lagi :)

    ReplyDelete
  2. postingan WWW part two lebih ok !

    ReplyDelete
  3. ih lucu deh tampilan blognya yg baru.... ^_^
    aku suka deh..hehe

    ReplyDelete