Pages

Tuesday 5 October 2010

World Wide Web (1)


World Wide Web, atau mungkin lebih kita kenal dengan istilah web saja, merupakan salah satu layanan yang dapat dipakai oleh penikmat komputer untuk mendapatkan segala macam informasi ketika terhubung melalui internet.
Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web, dimana dokumen tersebut  akan ditampilkan oleh browser web

Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi saja, kini juga digunakan untuk komunikasi dari email dampai chatting, bahkan sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).
Kini web seakan lebih popular daripada email, walaupun secara statistic email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna internet. Web lebih popular bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi e-mail yang menggunakan web sebagai interfacenya.
Internet identik dengan web karena popularitasnya sebagai penyedia informasi dan interface yang dibutuhkan oleh pengguna internet dari masalah informasi sampai dengan komunikasi. Informasi produk dari yang serius sampai dengan yang bersifat junk/sampah, dari yang cuma-Cuma sampai dengan yang komersial semuanya tersedia. Web memudahkan pengguna computer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainnya, dan menelusuri informasi di internet.
Selain itu web juga telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan yaitu:
1.       Akses Informasi Mudah
2.       Setup Server lebih mudah
3.       Informasi mudah didistribusikan
4.       Bebas platform;  informasi dapat disajikan oleh berbagai macam web browser pada OS apa saja karena ada standardisasi dokumen sehingga, berbagai macam tipe data dapat disajikan
Lalu, pasti muncul di benak kepala kita bagaimanakah cara kerja dari www sehingga bisa menampilkan informasi yang kita ketikkan pada web browser?
  1. Informasi web disimpan dalam dokumen-dokumen yang seringkali disebut dengan web pages atau halaman-halaman web.
  2. Web pages ini disimpan dalam sebuah computer yang melayani semua permintaan komunikasi data dari web browser yang sering disebut dengan server-server web atau web server.
  3. Lalu dokumen web tadi disampaikan dari server ke computer yang meminta atau request inforasi tadi yang disebut dengan web client.
Kalau mungkin masih belum jelas, saya akan coba menggambarkan bagaimana skema www bekerja.

No comments:

Post a Comment