Pages

Saturday 30 October 2010

SELUK BELUK CISCO

CISCO atau mungkin lebih tepatnya CISCO System adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada sekitar tahun 1984 oleh dua orang yang pernah menjadi staff di Universitas Stanfrod. Kedua orang itu adalah Leonard Bosack dan rekannya Sandy K. Lerner. Daerah atau area bisnis dari perusahaan CISCO ini meliputi berbagai perangkat internetworking, seperti router, bridge, hub, dan switch.
Sebelum CISCO ini berdiri ada beberapa hal di rentang tahun 1980-an yang harus kita garis bawahi. Karena pada rentang tahun inilah awal mula CISCO menorehkan tinta emasnya di dunia bisnis yang berlumuran uang dan keuntungan. Kisah tentang CISCO ini dimulai sekitar tahun 1980-1981 dimana sebuah perusahaan bernama Xerox PARC(Palo Alto Research Centre) menghibahkan beberapa computer Alto dan Ethernet Card kepada Universitas keren ini (maksudnya Stanford).

Menurut beberapa sumber dari google dan beberapa buku keren (CISCO CCNA karangan Iwan Sofana)computer inilah yang merupakan tonggak sejarah berdirinya perusahaan Macintosh, dimana salah satu PCnya sekarang bertengger manis di meja computer saya. Dari semua peralatan hibah inilah akhirnya universitas ini mulai mengembangkan riset mereka sendiri sehingga, singkat cerita masing-masing computer di Stanford bisa saling berkomunikasi.

Pada mulanya staf-staf di Standford hanya melakukan riset ini untuk tujuan yang sangat mulia sekali yaitu untuk pendidikan dan keperluan ilmiah. Kemudian kedua orang staf tadi yang namanya saya sebutkan di atas mulai mengembangkan multiprotocol router yang ditanamkan dalam perangkat lunak berbentuk computer yang diberi label CISCO. Nama Cisco, banyak orang yang mengira bahwa itu adalah merupakan salah satu singkatan kata. Tapi sebenarnya nama Cisco itu diambil dari San Francisco, ini diharapkan agar bisa menjadi tempat selain dari Silicon Valley. Oleh karena itu, di tahun-tahun pertamanya, perusahaan ini selalu memaksa supaya nama perusahaanya ditulis dengan huruf kecil semua.

Oke lanjut lagi ke sejarah CISCO ini. Ide gila yang akhirnya terwujud ini akhirnya berhasil. Dengan menambahkan beberapa kipas pendingin dan beberapa kabel yang ditancapkan mengakibatkan ‘router’ awal buatan CISCO ini laris dijual. Cukup banyak perusahaan dan lembaga pendidikan yang menggunakan router buatan CISCO ini.

Namun sayangnya mereka lupa bahwa ide ini tidak sepenuhnya berasal dari mereka berdua. Mungkin benar mereka menanamkan uang mereka sendiri untuk mencoba bisnis ‘gila’ mereka. Namun masih ada beberapa staf dari Stanford yang ikut serta dalam usaha pengembangan router pertama ini. Ketika staf Stanford yang lain mengetahui maka terjadilah insiden diantara Stanford an CISCO System. Hal ini hamper saja menghentikan semua usaha yang telah dilakukan untuk mendirikan CISCO hingga akhirnya mereka hamper ‘mati’. CISCO pada saat itu diharuskan untuk membayar tuntutan dari Stanford atas kewajiban membayar royalty yang snagat besar. Di samping itu Stanford menuntut CISCO untuk tetap dapat mengggunakan software hasil pengembangan pada Staf Stanford yang telah menjadi karyawan CISCO.

Namun demikian walupun begitu banyak kesulitan yang ditemui CISCO tak membuat mereka berhenti. Mereka terus melakukan pengembangan mereka sendiri sehingga pada akhirnya mereka bisa melepaskan diri dari Stanford yang juga cikal bakal dari penciptaan produk pertama CISCO. That’s Great Isn’it?. Pada akhir 2000, CISCO SYSTEM berada di puncak (pada bulan Maret), di puncak -com booming dot , Cisco adalah perusahaan yang paling berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar lebih dari US $ 500 miliar. Pada bulan Juli 2009, dengan kapitalisasi pasar sekitar US $ 108.030.000.000, masih salah satu perusahaan yang paling berharga. CISCO pun pernah terpilih sebgaai saham paling menguntungkan di NASDAQ, tetapi tidak ada yang tahu kapan.

SUMBER: CISCO CCNA & Jaringan Komputer Iwan Sofana
                Google

No comments:

Post a Comment