Pages

Sunday 22 May 2011

Flash Komponen Web Interaktif

Komponen multimedia yang memungkinkan sajian grafik disajikan secara interaktif juga dimungkinkan bahwa kita melakukan pengembangan aplikasi dengan mengunakan komponen ini seperti halnya dengan menggunakan Java, akan tetapi Flash lebih banyak berurusan dengan masalah antarmuka yang sangat interaktif.

Flash cepat sekali popular sejak tahun 1999 setelah diakuisisi oleh MacroMedia, dimana sebelumnya bernama FutureSplash pada tahun 1996.

Grafik yang disajikan dengan menggunakan Flash disajikan dengan menggunakan format vector sehingga ukuran grafik akan lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan raster, seperti gif, jpeg, png, bmp dan format gambar lainnya.

Browser web membutuhkan plugin untuk dapat menyajikan multimedia dengan menggunakan Flash. Dokumen HTML harus memiliki link khusus untuk dapat secara otomatis browser melakukan download plugin terlebih dahulu, jika plugin Flash belum dimiliki oleh browser.

Plugin untuk Flash diimplementasi dalam bentuk ActiveX dalam lingkungan Internet Explorer, yang didefinisikan dengan classid=”clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-44453540000”. Apabila plugin flash belum terpasang pada browser web yang anda pakai, maka kita dapat mendefinisikan alamat URL untuk mendownload secara otomatis langsung dari web MacroMedia dengan menggunakan codebase sebagai suatu atribut pada tag object yang memiliki nilai berupa url tempat installer dari ActiveX Flash , yaitu codebase=http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=4,0,2,0.

Applet Flash yang kita buat atau kita punyai (bisa dari internet atau di download secara cuma-cuma ) dimasukkan ke dalam halaman web sebagai parameter dari komponen ActiveX Flash yang kita sisipkan dalam halaman web, pada tag <param name = “flash1” value=”namaflash.swf”>

Pemberian codebase ke tempat download perlu diberikan untuk secara otomatis browser web menanyakan aoakah akan mendownload atau tidak komponen ActiveX yang dibutuhkan untuk menjalankan Applet Flash yang disisipkan. Cara penulisan seperti ini membantu pengunjung situs web yang mengandung komponen(applet) Flash sehingga dapat mendownloadnya apabola pada browser belum ada plugin Flash. Alamat download diarahkan kepada URL komponen plugin Flash berada.

Flash cepat popular sebagai salah satu kompinen atau obyek dalam suatu halaman web disebabkan salah satunya adalah karena dapat di program sehingga interaktif, dengan menggunakan bahasa scripting uang dibutuhkan dengan ActionScript.

Aplikasi yang dihasilkan dengan menggunakan Flash mirip seperti menggunakan Java. Bahkan Flash lebih mudah dikembangkan karena mwnggunakan konsep pemrograman sederhana tidak seperti Java yang menerapkan pemrograman dengan konsep object oriented.
\
Animasi dengan menggunakan Flash yang dapat diperoleh dengan cuma-Cuma dapat kamu unduh dari situs:
http://flashkit.com/movies/index.html
http://www.scriptsearch.com
Sementara situs yang dapat anda gunakan untuk mempelajari ActionScript srcara online di Internet dapat anda lakukan dengan mengunjungi :
http://www.actionscript.org/tutorial.html
http://www.actionscript.org

No comments:

Post a Comment