Pages

Thursday 29 September 2011

Pengalaman Pertama Saya Mengembangkan Sistem


Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi

Nama : Reza Budi Ryanzah
Kelas : 3IA09 (Transfer_Non Kelas)
NPM : 58409013

Pengalaman Pertama Saya Mengembangkan Sistem

Saya ingin berbagi sedikit pengalaman ketika akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan sebuah sistem parkir pada perusahaan swasta berkembang di daerah Petogogan. Pada awalnya saya diajak oleh teman sekelas saya untuk ikut proyek TI dari pamannya. Saya tanpa berpikir panjang, dan hanya berbekal sedikit pengetahuan dari beberapa semester di bangku kuliah langsung mengiyakan ajakan dari teman saya tersebut.
Beberapa hari setelah itu saya langsung di ajak oleh teman saya ke kantor pamannya tersebut. Di sana saya langsung di interview oleh Manager HRD yang menanyakan capabilites saya sebagai pembuat program amatir dengan keinginan user dalam hal ini company. Dari sekian banyak pertanyaan yang dilayangkan kepada saya, pertanyaan yang paling ditekankan adalah program apa saja yang anda buat, bagaimana anda mengerjakannya, apakah anda bekerja dengan team, permasalahan yang anda lalui, dan pertanyaan lain yang menjurus pada pengalaman yang pernah kita lakukan.

Untung saja ketika presentasi saya membawa laptop. Lalu saya presentasikan sedikit program apa saja yang pernah saya buat, dan seluk beluk tentang program tersebut. Meskipun saya sangat sadar bahwa program yang saya buat tersebut masihlah sederhana. Setelah interview tersebut saya di minta untuk menunggu konfirmasi apakah saya diterima bekerja atau tidak. Namun, mungkin karena permintaan dari teman saya, akhirnya saya diterima dan diminta untuk bergabung dalam team yang naninya akan bekerja sama untuk mengerjakan program sistem parkir tersebut.
Pada hari pertama saya bekerja, saya diperkenalkan dengan semua team dan staff yang bekerja pada perusahaan tersebut. Memang kantor tempat saya bekerja kemarin belumlah sebesar yang anda bayangkan. Hanya ada 3 programmer dan satu orang analis. Lalu setelah mendengarkan briefing singkat, barulah saya mengerjakan modul yang menjadi bagian kerja saya. Seluruh pengerjaan program hingga selesai menghabiskan waktu kurang dari 2 minggu. Setelah itu kita baru berangkat ke Indramayu untuk memasang program serta setting dengan beberapa hardware lainnya.
Pelajaran yang bisa saya ambil dari apa yang saya bangun bersama team adalah betapa pentingnya kita bisa menyesuaikan diri dalam kerja team. Hal ini lebih penting dari apa yang menjadi kemampuan kita. Kebanyakan programmer pemula ketika pertama kali bekerja sudah langsung grogi atau rendah diri karena belum ada pengalaman. Tapi memang sesungguhnya ketika kita terjun pertama kali bekerja itu, kita masih akan di training untuk lebih mematangkan lagi apa yang sudah kita miliki. Jadi jangan lah takut atau rendah hati terlebih dahulu.
Selain itu pengalaman lainnya yang tidak bisa saya lupakan adalah prinsip bahwa kita mendirikan sistem yang nantinya bukanlah kita yang akan mengoperasikannya. Jadi prinsip user friendly, dan reliability dari sisi user haruslah dipikirkan. Selain itu sistem yang kita bangun sebaiknya haruslah benar-benar dibutuhkan oleh user. Jadi asah manfaat dan efisien haruslah ada pada sistem yang kita bangun. Ada beberapa aspek yang ditekankan oleh analis saya yaitu, aspek ergonomi, dan psikologi user, sert tingkat pendidikan user yang nantinya sangat berpengaruh ketika user mengoperasikan sistem. Hal inilah yang selalu saya ingat ketika saya akan membuat sistem untuk kemudian hari. Karena sebelumnya saya tidak pernah memikirkan hal ini sebelumnya.
Demikianlah pengalaman saya ketika pertama kali ikut dalam team dan membangun sistem yang cukup besar. Hingga sekarang saya masih sering dipanggil untuk pengembangan sistem parkir lainnya. Karena setiap institusi yang membutuhkan lapangan parkir mempunyai karakteristik sendiri yang membedakan ketimbang client lainnya. Misalnya saja kebutuhan program parkir untuk rumah sakit berbeda dengan mall, apalagi hotel berbintang lima yang sangat mementingkan kenyamanan dan keamanan konsumen, sehingga program yang dikembangkan sangat erat kaitannya dengan pemrograman visi mesin, karena berkaitan dengan penggunaan CCTV dan sensor infrared. Semoga pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi para viitor blog saya yang sengaja ataupun tidak sengaja berkunjung ke blog saya.


sumber: pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment