Pages

Tuesday 16 November 2010

Mencari Alamat IP

Mungkin dari anda semua sudah mengetahui apa itu IP address. Yap IP addres adalah kependekan dari Internet Protocol address. IP inilah yang akan jadi alamat kita saat kita berada dalam jaringan. Dengan adanya IP ini kita jadi mudah dikenali saat kita sedang melakukan request dari sebuah server, dan proses lainnya dalam jaringan. Namun tahukah anda bahwa IP tersebut tidaklah gratis untuk anda dapatkan. Melainkan kita harus membelinya. Pertanyaan pertama yang muncul, siapa yang mengurusi IP di dunia ini? Darimana sih kita bisa mendapatkan IP?

Dalam dunia internet ada empat badan ang diberikan kuasa untuk mengurusi pengalokasian dan administrasi penggunaan alamat IP. Badan-badan yang mengurusi hal ini disebut dengan Regional Internet Registries (RIR). Kenapa disebut regional? Karena daerah kekuasaan masing0masing dari badan ini dibagi-bagikan berdasarkan region (daerah). Keempat badan ini adalah:
• ARIN (www.arin.net), merupakan badan otoritas yang mengurusi region North America dan sub-Sharan Afrika.
• APNIC (www.apnic.net) adalah badan yang memiliki region Asia Pasifik
• LACNIC (www.lacnic.net), badan otoritas dengan regionnya berada di Southern dan Central America dan Carribean
• RIPE NCC (www.ripe.net), badan otoritas dengan region Europe dan Northern Africa
Nah untuk bisa menemukan sebuah alamat iP, kita bisa mencarinya berdasarkan masing-masng regional. Kalau kita buka situs APNIC kita akan mendapatkan informasi sebagai berikut:
“For historical reason, the ARIN Whois Database is generally the starting point for searches…”
Dimana bila kita artikan seterusnya, bahwa ARIN adalah awal untuk melakukan pencarian sebuah alamat IP. Bila alamat terebut tidak terdaftar pada database yang dimiliki oleh ARIN, maka ARIN akan memberikan referensi kemana anda bisa mencarinya, misalnya saja bisa ke APNIC atau RIPE NCC.
Dari keempat badan otoritas ini ada satu badan lagi yang membawahinya. Atau singkatya keempat penguasa ini memiliki bos lagi yang lebih esar yang namanya IANA (Internet Assigned Numbers Authority). IANA bertanggung jawab penuh terhadap keseluruhan manajemen dan koordinasi DNS serta pendelegasiannya keseluruh domain di dunia ini.
Sebagai contoh misalnua saua mendapatkan sebuah alamat IP dari seseorang yaitu 202.53.255.221. Karena saya tidak mengetahui alamat IP tersebut, kita bisa daftarkan alamat IP tersebut ke APNIC. Dari APNIC, saya diberikan informasi mengenaio asal muasal NIR (National Internet Registry). DImana bdan NIR ini adalah wakil dari sebuah negara. Inilah badan otoritas dari setiap negara yang mengurusi masalah IP. Untuk Indonesia sendiri badan yang mengurusi hal ini adalah APJII (www.apjii.or.id). Dengan lokasi database yang berada di Indonesia. Lalu dari sanalah saya isa mendapatkan alamat IP tersebut.
Untuk bisa membantu anda untuk mempermudah mencari alamat IP, ada beberapa software yang biasa digunakan untuk membantu. Misalnya saja, DomainWhitePages (www.domainwhitepages.com), geektools (www.geektools.com), dll. Selamat mencoba!!

No comments:

Post a Comment