Pages

Thursday 29 September 2011

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Masyarakat dan Lingkungan

Perusahaan dalam mata rantai bisnis tentunya sangat mengutamakan aspek keuntungan sebagai upaya untuk mempertahankan kehidupan dan eksistensi perusahaan. Namun sebagai bagian dari kehidupan masyarakat, perusahaan pun seharusnya juga memberikan andil yang cukup terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat, terutama di lingkungan yang dekat dengan perusahaan tersebut.

Hal ini pun juga seyogyanya dipikirkan oleh perusahaan yang menggunakan sumber daya alam sebagai produk mereka, atau perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Dua bidang inilah yang ingn saya angkat dalam topik artikel ini. Namun, hal ini bukanlah sebagai promosi atau sejenisnya. Namun hal ini saya lakukan agar tumbuh kesadaran dari kita semua, dalam hal ini siapapun sebagai bukti kepedulian kita terhadap lingkungan dan saudara-saudara di sekitar kita.

Salah satu bukti kepedulian itu antara lain adanya sebuah bentuk penghargaan yang dinamai Indonesia Green Awards sebagai penghargaan kepada individu ataupun perusahaan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan dan alam. Penghargaan ini diberikan oleh La Tofi School of CSR yang saya baca di bisniskeuangan.kompas.com 28 September lalu. 


Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan kehormatan sebagai penginspirasi bumi ini diberikan kepada Danone Aqua, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, BSD Green Office Park, HSBC Indonesia, PT Antam (Persero) Tbk, PT Semen Gresik (Persero) Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Surabaya Plaza Hotel, PT PP (Persero) Tbk, PT BNI (Persero) Tbk, PT SMART Tbk (Kalimantan Barat), PT Riau Andalana Pulp and Paper, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Telekomunikasi Selular, PT Bukit Asam (Persero) Tbk), Sinarmas Forestry, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Bakrieland Development Tbk, Djarum Trees for Life, PT Freeport Indonesia, dan Total EP Indonesia.
 

Menanggapi hal ini, PT Danone Aqua melalui pemimpinnya, Parmaningsih Hadinegoro menyampaikan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan Danone Aqua telah diwujudkan dengan program Aqua Lestari. Dan program itu sudah berjalan cukup lama hingga saat ini. Program Aqua Lestari adalah sebuah program yang melibatkan masyarakat sekitar untuk program pelestarian lingkungan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan peningkatan ekonomi. Program ini pun juga bisa dikatakan sebagai bukti kesinambungan antara aspek bisnis dan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosial (Corporate Social Responsibility).
 

Sebenarnya masih banyak perusahaan yang turut andil dalam kepedulian terhadap lingkungan. Misalnya saja produk pasta gigi pepsodent (tanpa ada maksud promosi sekalipun) yang mengadakan bulan kesehatan gigi dan pemeliharaan kesehatan gigi gratis, dan sejenisnya. Begitu pula terhadap pendidikan, banyak sekali perusahaan yang telah memberikan beasiswa terhadap anak-anak berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi untuk mengenyam pendidikan. Namun, masih ada saja oknum-oknum yang merusak lingkungan, melakukan penggusuran hanya untuk sebuah mall atau apartemen, bahkan masih saja ada perusahaan yang membuang limbah mereka secara langsung ke alam. Harusnya tulisan ini menjadikan perenungan bagi kita semua, untuk lebih perduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai wujud syukur terhadap Tuhan YME

Sumber: bisniskeuangan.kompas.com,
              mediaindonesia.com
              megapolitanpos.com

No comments:

Post a Comment